Doa Duduk Di Antara Dua Sujud – Salah satu dari tiga belas rukun shalat adalah duduk di antara dua sujud atau yang sering disebut lungguh. Jika rukun ini tidak dilaksanakan maka shalatnya tidak sah.

Tata cara duduk di antara dua sujud yang diajarkan Rosulullah SAW adalah dengan posisi kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diletakkan di lantai. Jari-jari kaki kanan harus ditekuk ke bawah menuju kiblat. Letakkan tangan kanan Anda di paha kanan dan tangan kiri di paha kiri.

Posisi punggung harus lurus dan mata harus menghadap ke tempat sujud. Ada doa yang perlu dibaca saat duduk di antara dua sujud yang akan dirangkum dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Menurut Sunnah

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Menurut Sunnah

Menurut Imam Mazhab Syafi’i, Hambali dan Maliki membaca salat sambil duduk di antara dua sujud adalah sunnah. Hal ini ditegaskan dengan sabda Rosulullah SAW dalam sebuah hadits.

Tuhan memberkati Anda dengan Tuhan كبرُ ويرفعُ رأسَه حتَّى يستويَ قاعدًا

Itu berarti :

Kemudian Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersujud hingga anggota tubuhnya menggantikan tempatnya, lalu bersabda “Allahu Akbar”. Kemudian angkat kepala (bangun dari sujud) ke posisi duduk.”

Bacaan doa duduk di antara dua sujud menurut sunnah adalah sebagai berikut:

أنَّ النَّبيَّ صلَّّ Kata-kata: Tuhan memberkatimu

Itu berarti :

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika duduk di antara dua sujud membaca: ‘Allahummaghfirli warahmnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii.’”

Doa Duduk Diantara Dua Sujud Secara Umum

Doa Duduk Diantara Dua Sujud Secara Umum

Secara umum, shalat duduk di antara dua sujud tentunya sudah diajarkan oleh para ustad sejak kecil. Jadi doanya hafal karena sering dibaca ketika shalat.

Adapun bacaan umum shalat duduk di antara dua sujud adalah sebagai berikut:

Tuhan memberkatimu ْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

Itu berarti :

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, perbaiki keadaanku, naikkan derajatku, beri aku rezeki dan bimbingan.”

Keutamaan membaca doa sambil duduk di antara dua sujud

Meski shalat di antara dua sujud termasuk sunnah, namun banyak juga umat Islam yang membacanya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sunnah Rosulullah SAW.

Di bawah ini beberapa keutamaan membaca doa duduk di antara dua sujud:

Lebih dekat dengan Tuhan

Dalam shalat duduk di antara dua sujud, umat Islam mengungkapkan rasa syukur, permohonan ampun, dan kebutuhan lainnya kepada Allah. Dengan melakukan hal ini, seorang muslim akan merasa lebih dekat dengan Allah dan merasakan kehadiran-Nya.

Dapatkan imbalan besar

Membaca doa duduk di antara dua sujud dianggap amalan yang sangat mulia dan mendatangkan banyak pahala. Sebuah hadits Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa membaca doa sambil duduk di antara dua sujud akan mendatangkan keberkahan dan pahala yang besar bagi yang melakukannya.

Menenangkan hati dan jiwa

Membaca doa duduk di antara dua sujud dapat membantu seseorang untuk menenangkan hati dan jiwa. Dalam keadaan sujud, seseorang merasa rendah hati dan dekat dengan Allah. Dengan membaca doa di antara dua sujud, seseorang dapat merasakan ketenangan dan kedamaian hati.

Bersihkan dirimu dari dosa

Dalam shalat duduk di antara dua sujud, seseorang mengungkapkan permohonan ampun dan pengampunan dosa. Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat membersihkan dirinya dari dosa dan kesalahan yang telah dilakukannya sebelumnya.

Meningkatkan kualitas shalat

Membaca doa duduk di antara dua sujud juga dapat meningkatkan kualitas shalat seseorang. Dengan berdiam diri dan merenungi doa yang dibacakan maka seseorang akan lebih fokus dalam menunaikan shalat dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari doa tersebut.

Penutupan

Demikianlah rangkuman mengenai bacaan sholat duduk di antara dua sujud yang penulis sampaikan dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id. Semoga bermanfaat dan menambah semangat anda dalam mengamalkan bacaan doa duduk diantara dua sujud.

Cukup dan cukup, Wallahu A’lam…

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *