Poster sangat mudah kita temukan di tempat-tempat umum, seperti jalan raya, stasiun, terminal, rumah sakit dan lain sebagainya. Apa yang dimaksud dengan poster Itu? Poster adalah sejenis plakat berisi kata-kata atau gambar yang dipasang di tempat umum dengan tujuan persuasi.

Persuasi berarti mengajak, menghimbau, membujuk dan tindakan serupa yang bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu. Bisa juga dikatakan demikian maksud dari poster tersebut adalah media pemberitahuan kepada orang lain yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu.

Poster juga dapat berupa iklan yang isinya berupa ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan suatu produk atau melakukan suatu kegiatan. Misalnya saja poster yang berisi imbauan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Apa yang dimaksud dengan poster? Inilah yang dikatakan para ahli

Apa yang Dimaksud dengan Poster Ini?  Kata Para Ahli

Jika mengacu pada penjelasan di atas, poster dapat berupa iklan komersil yang menawarkan suatu produk tertentu, namun juga dapat menjadi media himbauan, kampanye dan sejenisnya yang bersifat non-komersial.

Untuk lebih memahami apa definisinya, lihatlah arti poster menurut para ahli berikut ini.

Menurut seorang ahli bernama Arsyad, poster merupakan media visual 2 dimensi yang berisi gambar atau pesan tertulis singkat yang tujuannya sebagai alat untuk menyampaikan pesan tertentu.

Pesan-pesan tersebut disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mempengaruhi dan memotivasi orang yang melihatnya.

Pengertian poster menurut para ahli disebut Sri Anitah yaitu gambar yang memadukan unsur visual, berupa gambar, garis atau kata-kata yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat. Poster juga digunakan untuk menyampaikan pesan secara singkat.

Poster adalah perpaduan visual dari desain yang kuat, menggunakan warna dan pesan. Tujuan dari poster tersebut adalah untuk menarik perhatian orang yang melihatnya guna menanamkan suatu ide dalam ingatan orang tersebut.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) memberikan pengertian poster, yaitu suatu media yang terdiri dari kata-kata atau simbol yang sangat sederhana. Pada umumnya poster berisi ajakan, saran atau larangan.

Poster adalah plakat berupa gambar atau kata-kata yang dipajang di tempat umum yang tujuannya untuk membujuk, memotivasi atau menarik perhatian orang lain. Pada prinsipnya poster mirip dengan iklan, yaitu berupa pemberitahuan ide dan hal-hal yang penting bagi audiens.

Poster mengandalkan kombinasi gambar dan kata-kata untuk meyakinkan orang lain.

Karakteristik Poster

Karakteristik Poster

Untuk bisa menjawab apa yang dimaksud dengan poster?, kita juga perlu mengetahui apa saja ciri-cirinya. Ciri-ciri inilah yang membedakan poster dengan bentuk media visual lainnya. Itulah beberapa ciri-ciri poster yang patut dipahami.

1. Sederhana

Poster adalah media satu arah sehingga dibuat dengan menggunakan cara yang sederhana. Kesederhanaan tersebut terlihat dari tampilan dan ornamen yang digunakan pada poster. Jika poster yang Anda buat sulit dipahami orang lain, berarti gagal menyampaikan pesan.

Jadi, bisa juga diartikan bahwa secara sederhana yang dimaksud adalah masyarakat akan langsung paham dengan apa yang disampaikan pesan tersebut ketika melihat poster tersebut. Dengan cara sederhana ini diharapkan orang yang hanya melihatnya sekilas akan langsung memahami pesan yang disampaikan.

2. Menyampaikan gagasan dan mempunyai satu tujuan utama

Poster digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan tertentu, dan jika gagasan tersebut sudah sampai dan dipahami oleh masyarakat, berarti tujuan telah tercapai. Hampir tidak ada satu poster yang memuat dua ide atau lebih sekaligus.

Misalnya poster berisi ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya, maka jika masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan berarti pesan sudah tersampaikan dan tujuan telah tercapai.

3. Berwarna

Tujuan pembuatan poster tersebut adalah untuk menarik perhatian, sehingga sebaiknya dibuat dengan warna. Jika diperhatikan, dimana-mana posternya selalu menggunakan warna-warna yang kreatif, sehingga siapapun yang melihatnya pasti tertarik.

Jika di zaman sekarang masih ada poster yang hanya berwarna hitam putih alias tidak berwarna, maka bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman. Poster yang tidak diberi warna kurang efektif dalam menarik perhatian masyarakat sehingga ide dan pesan sulit tersampaikan.

4. Berisi Slogan

Ciri-ciri poster Berikutnya harus mengandung slogan. Pada umumnya poster memuat slogan yang diletakkan di bagian akhir sebagai kata penutup. Sebuah poster akan terasa aneh jika tidak ada slogan di dalamnya.

5. Gunakan tulisan yang jelas

Apabila tulisan yang digunakan kurang jelas maka tidak dapat dikatakan poster. Bagaimana pesan dan ide yang ada di poster bisa dipahami orang lain jika tulisannya tidak jelas? Jadi, apa yang dimaksud dengan poster?salah satunya dibuat dengan tulisan yang jelas.

6. Ada Motifnya

Apa yang dimaksud dengan poster, termasuk gagasan atau konsep yang mengandung motif di dalamnya. Gagasan dan pemikiran yang ingin disampaikan itulah yang disebut dengan motif. Pembuat poster akan mencantumkan motif tertentu baik secara tersurat maupun tersirat.

Motif yang ada akan dikembangkan menjadi sebuah ide dan diwujudkan melalui visualisasi pada poster.

7. Gunakan tulisan yang bervariasi

Terakhir, ciri-ciri poster adalah menggunakan tulisan yang cukup bervariasi. Biasanya beberapa jenis tulisan atau font digunakan dalam satu poster untuk lebih menarik perhatian. Minimal satu poster dibuat dengan 2-3 jenis tulisan dengan ukuran yang bervariasi.

Tulisan dan ukuran yang bervariasi pada poster tersebut menunjukkan nilai estetika yang membuat masyarakat ingin melihatnya. Jangan lupa gunakan pesan-pesan sederhana yang mudah dipahami orang lain tujuan pembuatan poster dapat dicapai.

Pembuatan poster dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya poster untuk siswa yang isinya memberikan motivasi dalam mengajar dan memotivasi siswa agar lebih aktif dalam belajar. Ide, konsep, himbauan, ajakan dan sejenisnya mengandung kreativitas yang sebesar-besarnya.

Penggunaan poster cukup beragam, mulai dari informasi layanan masyarakat, informasi komersial, pendidikan, propaganda, kampanye, poster film, iklan komersial dan lain sebagainya. Informasi yang disampaikan melalui poster harus bersifat persuasif, tidak mengandung SARA dan sebagainya.

Apa Fungsi Poster?

Apa Fungsi Poster

Pada dasarnya fungsi poster adalah agar siapapun yang melihatnya tertarik untuk membaca dan kemudian mengikuti ajakan, ide, saran dan rekomendasi yang terkandung di dalamnya.

Desain poster dibuat berwarna-warni dengan tulisan yang bervariasi sesuai dengan fungsi poster itu sendiri yaitu untuk menarik perhatian orang lain atau masyarakat umum. Dengan desain yang baik, pembuat poster berharap pembacanya peduli dan memikirkan ide-ide yang ada di dalamnya.

Secara umum fungsi poster adalah :

  • Sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan informasi
  • Media untuk mempromosikan produk
  • Sarana untuk mengekspresikan kreativitas.

Kelebihan poster adalah: lebih murah dibandingkan jika harus beriklan melalui media, seperti koran, televisi, radio dan internet. Selain itu, poster bersifat fleksibel artinya dapat dipasang di tempat yang sesuai dengan sasaran.

Misalnya poster berisi pesan cuci tangan pakai sabun yang dipajang di sekolah, tempat umum, restoran, rumah sakit dan lain sebagainya. Poster yang berisi pesan untuk selalu giat belajar dapat dipajang di dalam kelas.

Sedangkan poster berisi iklan produk dipasang di tempat umum, jalan, pemukiman, taman dan lain-lain yang sesuai dengan target pasar. Dengan penempatan poster yang tepat maka ide, ide, ajakan dan persuasi lainnya dapat diterima oleh sasaran.

Tujuan Pembuatan Poster

Sudah sedikit dijelaskan bahwa poster dibuat dengan tujuan tertentu. Mengacu pada pengertian poster sebagai media penyampaian informasi, tujuannya adalah untuk memastikan apakah informasi yang ada di dalamnya telah dipahami dengan baik atau belum.

Apa yang dimaksud dengan poster tidak lepas dari apa tujuannya, yaitu:

  1. Masyarakat dapat mengetahui lebih banyak mengenai kegiatan dan acara yang akan diselenggarakan. Contohnya seperti pameran, bazar, pekan olah raga, peringatan kemerdekaan, donor darah dan lain sebagainya.
  2. Menjadikan suatu jasa atau produk lebih dikenal masyarakat dan membuat mereka tertarik untuk menggunakannya.
  3. Mengingatkan masyarakat tentang berbagai hal yang harus dilakukan sasaran. Misalnya poster gerakan cuci tangan pakai sabun untuk menjaga kesehatan, pentingnya menjaga protokol kesehatan dan lain-lain.
  4. Menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang berbahaya dan dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Misalnya poster tidak ngebut di jalanan, poster berhenti merokok, poster tidak membuang sampah sembarangan dan lain-lain.

Komponen pada Poster

Komponen pada Poster

Kita sudah membahas banyak hal tentang apa yang dimaksud dengan poster?, mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuannya. Poster dapat digunakan untuk berbagai maksud dan tujuan, baik komersial maupun non-komersial.

Poster digunakan oleh perusahaan, organisasi, komunitas dan individu yang mempunyai kepentingan dalam menyampaikan informasi, gagasan, gagasan, ajakan atau rekomendasi dari pembuat poster. Untuk menarik perhatian masyarakat, poster harus memuat komponen-komponen berikut.

1. Pesan

Hal utama yang harus ada pada sebuah poster adalah pesan atau informasi. Poster harus memuat pesan yang ingin disampaikan secara menarik, informatif dan meyakinkan kepada penontonnya. Untuk menyampaikan pesan tersebut, poster dibuat dengan estetika yang baik.

2. Judul

Judul yang ideal pada poster tidak lebih dari dua baris dengan menggunakan font minimal berukuran 48 point atau lebih besar. Judul dibuat dengan huruf tebal sehingga mudah dibaca dan menarik perhatian orang.

3. Teks

Jumlah teks di poster Seharusnya hanya terdiri dari 800 kata dan tidak boleh melebihi 1000 kata. Teks tersebut disusun sedemikian rupa sehingga tidak hanya berupa satu baris saja, melainkan dibuat menjadi beberapa bagian.

4. Grafik

Poster yang menarik disertai grafis yang bagus. Grafik ini akan muncul di teks utama. Pemilihan grafis untuk poster harus dilakukan secermat mungkin agar menarik perhatian. Pilih gambar beresolusi tinggi untuk digunakan sebagai grafik pada poster.

5. Tata Letak atau Tata Letak

Komponen penting dalam poster adalah tata letak atau tata letak. Tata letak yang tepat akan menggambarkan tujuan poster. Beberapa tata letak alternatif pada poster menyertakan kolom vertikal, berpusat pada grafik atau area kontras.

Apa yang dimaksud dengan poster Itu? Poster adalah sejenis plakat berisi kata-kata atau gambar yang dipasang di tempat umum dengan tujuan persuasi yaitu ajakan, imbauan, saran, motivasi untuk meyakinkan orang lain agar melakukan sesuatu.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *