asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK Baru 2017/2018

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK bagi seorang guru siapa yang tidak ingin mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)? Saya yakin para guru khususnya sangat menginginkan sekali mendapat Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dengan cepat.

NUPTK memang bagaikan kunci berlapiskan emas. NUPTK adalah suatu sarat wajib sebagai kunci untuk mendapat berbagai macam jenis tunjangan dari pemerintah, baik itu tunjangan sertifikasi, maupun tunjangan daerah. Inilah mengapa banyak para guru begitu bersemangat untuk mendapatkan NUPTK lewat berbagai upaya pengajuan ke dinas terkait.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) ditujukan kepada para guru baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun honorer/non-PNS. Pemberian itu akan di proses jika memenuhi pedoman serta ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai nomor unik resmi.

Gunanya tentu ditujukan sebagai keperluan identifikasi di beragam pelaksanaan program pendidikan, serta aktivitas yang terkait dengan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu para guru dan tenaga kependidikan.

Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan berisikan atas enam belas angka yang bersifat eksklusif dan tetap. GTK yang mempunyai NUPTK tidak akan berubah, kendati penggunanya sudah pindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian, maupun saat terjadi perubahan data lain.

Salah satu guru bisa di rekomendasikan untuk mendapatkan NUPTK dengan mencocokan data yang berkaitan untuk di input dengan benar, dan valid, lewat aplikasi dapodik yang telah disediakan.

Setelah melawati bagian verifikasi serta validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan. Bagi para GTK yang belum mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) akan ke di masukan ke sekolah induk GTK dengan system untuk diperlengkapi dokumen-dokumenya. Kemudian, Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui system aplikasi verval GTK akan di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik, kemudian system akan diverifikasi kembali oleh Ditjen GTK. Apabila seterusnya dinyatakan lulus verifikasi, maka PDSPK juga pasti menerbitkan NUPTK untuk para GTK itu.

Seperti yang saya ungkap di atas Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK Baru 2017/2018 baru baik bagi guru, dan tenaga kependidikan di sekolah formal ataupun non-formal. Maka pastikan data GTK yang telah di input oleh operator dapodik sekolah harus lengkap, benar serta valid. Supaya proses pengajuan NUPTK baru di verval PTK bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suatu masalah apapun.

Berikut Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK Baru 2017/2018

Syarat bagi Guru PNS/CPNS
Syarat guru PNS dalam membuat NUPTK diantaranya meliputi, SK Pengangkatan PNS/CPNS asli (bukan foto Copy), Ijazah SD, Ijazah SMP, Ijazah SMA, Ijazah S1, SK Penugasan, serta KTP.

Syarat Guru Non-PNS
Sedangkan syarat bagi guru Non PNS meliputi, SK Bupati/Wali Kota/Gubernur, KTP, Ijazah SD, Ijazah SMP, Ijazah SMA, Ijazah S1, dan Surat Tugas dari atasan langsung. Semua syarat-syarat di atas baik bagi guru honorer maupun PNS dalam bentuk ijasah asli, bukan fotokopian.

Sahabat Info GTK, begitulah syarat utama yang harus disiapkan dahulu sebelum mendaftarkan diri di verval PTK, setelah semuanya selesai kini giliran memulai pendaftaran atau pengajuan NUPTK baru di verval PTK.

Berikut Cara mendapatkan NUPTK baru 2017/2018

  • Pastikan syarat dari dokumen yang telah disebutkan di atas sudah lengkap semua, maka masuk ke Website resmi Verval PTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  • Masukan nama pengguna serta pasword login dapodik yang telah terdaftar di bagian Sumber Daya Manusia Kemendikbud.
  • Kemudian pilih menu “NUPTK”, serta pilih “calon penerima NUPTK” maka munculah nama guru yang akan didaftarkan sebagai penerima NUPTK baru tahun 2017/2018
  • Selanjutnya klik pada teksbox nama PTK tersebut serta pilih “upload dokumen” di bagian kiri.
  • Sebelum proses upload berkas dokumen di jalankan, pastikan Anda sudah melakukan scan file dokumen di atas serta format scan berupa PDF
  • Usai dokumen-dokumen yang di upload telah lengkap, silahkan upload dokumen tersebut berdasarkan pada nama file yang harus di upload.
  • Terakhir Anda klik perintah “Upload Dokumen” pada bagian ujung paling bawah.

Sahabat Info GTK Proses pengajuan Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK Baru 2017/2018 telah selesai, sekarang Anda tinggal berdoa sambil menanti hasil verifikasi dari pihak terkait, jika verval dari kab/kota menyetujui, maka terdapat peluang besar Anda mendapatkan NUPTK.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply