asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Angka Kredit Menjadi Syarat Untuk Kenaikan Pangkat

Posted on

infogtk.id – Menjadi guru memang mempunyai banyak kelebihan, dan keutungan yang tak terduga salah satunya yaitu mendapat kesempatan untuk naik pangkat. Tetapi dalam prosesnya, kenaikan pangkat guru bisa diusahakan dengan jalan yang cukup sulit. Guru harus memenuhi akumulasi beberapa angka kredit yang harus dipenuhi. Angka kredit proses kenaikan pangkat bisa didapat guru biasanya setelah melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Proses Penilaian Kinerja Guru (PKG) didasari pada pada pencapaian kerja guru selama satu tahun dan jumlah keseluruhan angka kredit yang ia ambil. Maka timbulah pertanyaan yang bikin penasaran, apakah angka kredit saya sudah memenuhi untuk proses kenaikan pangkat ?

Jawaban pertanyaan ini bisa kita dapatkan dengan lugas pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi PermanRB nomer 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru, dan Angka Kreditnya. Yang kurang lebih berbunyi bahwa setiap guru supaya mendapat kenaikan pangkat harus memenuhi persyaratan angka kredit keseluruhan minimal serta angka kredit per jenjang.

Untuk lebih mempermudah pemahaman guru tentang jumlah angka kredit kumulatif minimal serta angka kredit perjenjang maka akan saya ilustrasi sebagai berikut:

Pak Maman sekarang berposisi pada jabatan guru pertama dengan pangkat penata muda tingkat I, III/b. Supaya naik jabatan pada jenjang selanjutnya yaitu jabatan guru muda pangkat penata, III/c. Maka angka kredit yang harus dipenuhi yaitu lima puluh, supaya paling tidak angka kredit kumulatif menjadi dua ratus.

Namun perlu kita perhatikan, usut punya usut angka kredit sebanyak lima puluh, ini setidaknya memenuhi beberapa cakupan diantaranya harus memenuhi komposisi 90% dari unsur utama, serta 10% unsur penunjang.

Komposisi Angka Kredit Guru
Kemudian unsur utama sendiri setidaknya terdiri dari kegiatan pembelajaran, pendidikan, serta pelatihan keprofesian.

Pedoman Angka Kredit

Ada contoh lagi misalnya untuk mendapatkan angka kredit lima puluh, supaya bisa diusahkan naik ke jenjang lanjutan yaitu jabatan guru muda pangkat penata, III/c. Maka seorang guru juga mau tak mau harus bisa mendapatkan angka kredit sebanyak tiga dari proses pengengembangan diri dan empat angka kredit yang didapatkan dari kepenulisan karya ilmiah.

Sehingga komposisinya untuk dapat naik pangkat tanpa menyertakan unsur penunjang menjadi angka kredit empat puluh tiga dari kegiatan pembelajaran, tiga dari pengembangan diri, dan empat dari publikasi ilmiah atau karya inovatif.

Prosedural mengenai pengembangan diri, serta publikasi ilmiah dengan gamblang diulas secara terpisah melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan dan angka kreditnya. Terbanyak biasanya unsur penunjang bisa mencapai 10%. Beberapa unsur penunjang kenaikan pangkat itu diantaranya.

Memperoleh penghargaan ataupun tanda jasa, membimbing siswa pada PKL, mengasuh ekatrakulikuler. Menjadi pembina atau pengurus organisasi kepramukaan atau keprofesian. Menjadi tim penilaian angka kredit, serta menjadi pakar pelatihan instruktur.

Pembahasan mengenai unsur penunjang diketahui melalui sebuah bacaan angka kredit dari unsur penunjang lain. Jika bapak Ibu guru mendapat angka kredit dalam unsur penunjang. Maka bisa dimasukkan dalam perhitungan. Cukup rumit sekali memang untuk mengurusi kenaikan pangkat seorang guru, tapi sebetulnya tidak begitu sulit jika guru cukup pro aktif mengajar, dan ikut serta dalam kegiatan ekstra sekolah, bisa dipastikan kenaikan pangkat akan cepat diajukan.

Sahabat Info GTK kenaikan pangkat sebetulnya bukan hanya dimotivasi oleh kepentingan ekonomi semata, tapi diharapkan dari kenaikan pangkat itu, akan menghasilkan sikap yang semakin menjunjung profesionalitas dalam ikut serta mencerdaskan anak bangsa. Dengan demikian, guru akan mendapat kesejahteraan, sementara muridnya akan semakin pintar.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply