asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Absensi Kedisiplinan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Guru

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK Dalam beberapa dekade belakangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kontrol ketat pemberian tunjangan kepada para guru. Bahkan besaran gaji guru dengan satu guru lainya akan berbeda, tergantung pada kedisiplinan dan presensi kehadiran para guru.

Absensi Kedisiplinan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Guru menjadi topik pembahasan kali ini. Semakin guru tersebut rajin berangkat mengajar maka gaji tunjanganya juga akan semakin besar, berbalik pula semakin guru tersebut sering absen, atau ogah-ogahan mengajar di kelas, maka gaji tunjangan yang akan ia dapatkan juga akan semakin kecil.

Begitu pula dengan keprofesionalisme ataupun kedisiplinan. Guru yang kurang disiplin, dalam hal ini sering telat datang ke kantor, bisa saja tunjanganya dipotong atas tindakanya yang lalai itu. Semua ketetapan aturan ini akan segera di tegakan di awal tahun nanti.

Terutama jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta instansi lain yang terlibat, sepakat ketok palu mengenai pembuatan aturan baru seperti ini. Setidaknya rencana pemotongan tunjangan akan dibebankan pada sektor sertifikasi, dan pakasi guru.

Aplikasi E-Panrita Akankah Menjadi Solusi

Supaya tidak ada penyelewengan serta kecurangan dalam mengisi absensi. Sekolah akan dipasangi aplikasi berbasis digital, yaitu melalui aplikasi E-Panrita. Selain itu, UPTD juga akan mengontrol ketat ke sekolah-sekolah untuk mengetahui absensi para guru yang memang terbukti datang mengajar.

Absensi Kedisiplinan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Guru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencananya akan menetapkan aturan ini pada awal 2018, dengan uji coba dibeberapa kota besar. Terkait berapa besaran yang akan dipotong jika guru kurang disiplin, belum menemui titik final kesepakatan.

Dilain pihak, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia, Muh Ramli Rahim memberikan apresiasi positif wacana pemotongan tunjangan jika guru tak disiplin. Ramli berpendapat bahwa tunjangan pakasi memang sudah selayaknya dibayarkan berdasarkan keprofesionalitasan guru.

Tunjangan pakasi memang sudah selayaknya dibayarkan berdasarkan keprofesionalitasan guru, ujar  Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia Muh Ramli Rahim

Tunjangan Sertifikasi Menjadi Pertimbangan

Namun, untuk tunjangan sertifikasi, Ramli berpendapat bahwa tunjangan sertifikasi akan berlaku secara nasional aturannya, sehingga tidak di perlukan pembuatan aturan pemotongan baru, untuk tunjangan tersebut. Saya sendiri cukup mengapresiasi langkah berani itu, walaupun kemudian pasti akan menimbulkan gesekan disana sini antara Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  dengan instansi lain yang menyetujui wacana ini.

Memang kita perlu mengakui dengan jujur, bahwa ada sebagian guru yang tidak disiplin dalam mengajar. Kita sering mendapati guru terlambat masuk kelas hingga berjam-jam lamanya tidak karu-karuan, alasanya biasanya cukup klise yaitu macet di jalan atau karena memang males mengajar.

Kita juga sering disuguhkan bahwa ada sebagian guru yang pulang mengajar sebelum jam kantornya habis. Setidaknya Satpol PP pernah terlibat adu cekcok dengan sebagian para guru yang membolos mengajar pada jam kerja di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

Miris memang jika guru yang seharusnya memberikan contoh yang baik kepada murid agar rajin berangkat sekolah, tapi dirinya sendiri tak disiplin serta melakukan tindakan pembolosan dalam mengajar.

Maka dengan dibuatnya aturan ini bukan tak mungkin kita bisa menghilangkan budaya jam karet di negeri kita, saya optimis jika gurunya anti jam karet. Maka muridpun akan ikut mencontohnya, sehingga akan senantiasa datang tepat waktu sampai di sekolahan.

Demikian informasi mengenai Absensi Kedisiplinan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Guru semoga para abdi negara khusus nya mereka yang berkarir sebagai guru bisa mengoptimalkan kinerjanya.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply