Di era digital ini  guru yang harus banyak update mengenai media pembelajaran interaktif dari teknologi yang ada.

Guru yang cerdas dapat menggunakan sumber daya pendidikan untuk membantu mereka menyelesaikan salah satu tugas terpenting mereka yaitu mengajar siswa dengan sukses. Kreativitas guru yang cerdas dalam menciptakan Media Pembelajaran Interaktif adalah bagian besar dari seberapa baik mereka membantu orang belajar.

Jadi, penting bahwa guru itu memang harus terus berkreasi dan mengikuti perkembangan jaman. Sedikitnya waktu yang tidak mencukupi bukanlah alasan yang baik untuk tidak membuat lingkungan belajar, karena dapat dilakukan dengan cara yang berbeda sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan siswa.

Hal-hal yang berhubungan dengan teknologi sangat diminati oleh anak-anak zaman sekarang. Jadi masuk akal jika mereka juga bersemangat menggunakan alat dan teknologi pembelajaran yang menyenangkan.

Media Pembelajaran Interaktif seperti film pendidikan, permainan digital, buku digital, hotspot dan lain-lain merupakan contoh lingkungan belajar interaktif yang populer saat ini.

Apa saja contoh  aplikasi media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh para guru cerdas dan manfaatnya dalam pembejaran? Berikut ini ulasannya

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru

Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif seperti aplikasi dapat membantu siswa dan guru dalam banyak hal. Jadi ada banyak alasan mengapa guru yang cerdas harus mencoba menggunakan aplikasi ini untuk membuat bahan ajar.

1. Visual

Seperti halnya media gambar 3D dan animasi yang merupakan cara yang bagus untuk menarik perhatian siswa dan membuat mereka tetap aktif, khususnya para siswa level bawah.

2. Mudah dipahami

Media Pembelajaran Interaktif memungkinkan guru yang cerdas untuk menghidupkan ide-ide yang kompleks dan halus dengan mempresentasikannya di kelas. Dengan teknologi yang sudah maju seperti 3D maupun AR, Guru dapat menunjukkan cara kerja berbagai hal dari setiap sudut.

Guru yang cerdas dapat menghidupkan mata pelajaran apapun dengan menggunakan benda-benda sehingga akan terasa nyata. Hal ini membuat siswa lebih mudah mempelajari sesuatu dengan lebih cepat.

3. Materi yang dibutuhkan tersedia dengan mudah

Guru yang cerdas sudah mendapatkan materi pembelajaran gratis melalui Media Pembelajaran Interaktif. Aplikasi yang interaktif ini memungkinkan guru yang cerdas mengunggah materi mereka sendiri atau menggunakan editor AR untuk membuat materi mereka sendiri dari awal.

Berbagai Aplikasi Pendukung Media Interaktif dalam Pembelajaran

Manfaat Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Source: Lintarmedia.com

1. Baamboozle.com

Baamboozle.com adalah aplikasi pertama yang banyak digunakan. Aplikasi ini memiliki beragam alat dan cocok untuk semua tingkat keahlian. Fitur yang ditawakan seperti menebak kata dan gambar merupakan kegiatan yang wajib dicoba.

Guru juga dapat menggunakan alat yang dapat Gurudan tim Gurubagikan. Misalnya, guru membagi kelas menjadi dua kelompok.

Secara alami, tim dengan poin terbanyak akan menang. Program ini pasti akan membantu anak merasa lebih baik. Terlebih lagi saat Guru mengajari kelas laki-laki yang lebih suka permainan.

2. Miro.com

Aplikasi Miro.com adalah alat lain yang dapat digunakan. Di dalamnya Guru akan menemukan hal-hal menarik seperti mood wheel, memancing, bengkel monster dan banyak lagi. Aplikasi ini luar biasa karena dapat dimainkan baik online maupun offline.

Pelajaran pasti lebih menyenangkan dan anak lebih tertarik. Siswa dapat mencoba aplikasi ini di rumah bersama orang tua dan teman sebayanya, dan visual dari aplikasi ini juga bagus.

3. Pbskids.org.

Aplikasi ini sebagian besar baik untuk membantu siswa sekolah yang lebih muda belajar.  Aplikasi ini adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa Inggris, tetapi juga sangat menyenangkan untuk dimainkan. Mudah bagi siswa untuk belajar mengucapkan kata-kata untuk warna, tempat, dan bahasa asing lainnya.

4. Aplikasi Canva

Aplikasi Canva adalah salah satu aplikasi grafis atau pengeditan paling terkenal di pasaran. Aplikasi Canva adalah editor grafis berbasis cloud, jadi Guru harus terhubung ke Internet untuk menggunakannya. Guru yang cerdas menggunakan Canva untuk membuat materi pembelajaran seperti infografis, ringkasan, kuis, brosur, poster, template presentasi, gambar mini YouTube, dan lainnya.

Aplikasi Canva sangat berguna karena memiliki template untuk semua jenis proyek. Ada tujuh kategori: Media Sosial, Presentasi, Dokumen, Pribadi, Pendidikan, Pemasaran, Acara, dan Periklanan.

Guru yang terampil hanya perlu memutuskan, berdasarkan mata pelajaran dan siswa, template mana yang terbaik untuk materi pembelajaran yang mereka buat.

Media Pembelajaran Interaktif ini mudah digunakan. Guru yang cerdas dapat membuka aplikasi ini di ponsel atau komputer mereka. Sehingga Guru dapat membuat media yang dinamis kapanpun dan dimanapun yang diinginkan.

5. Aplikasi Powtoon

Aplikasi Powtoon ini adalah aplikasi presentasi dan animasi yang memungkinkan Guru melakukan keduanya. Guru dapat menggunakan aplikasi Powtoon ini untuk membuat presentasi, film animasi, infografis animasi, dan jenis bahan ajar lainnya.

Guru dapat menggunakan aplikasi Powtoon untuk menjelaskan ide dengan lebih mudah dan mengimbangi kekurangan ruang, waktu, dan pikiran dari metode pembelajaran jarak jauh saat ini.

Powtoon memiliki beragam fitur dan tema untuk membantu pengajar cerdas membuat materi pembelajaran. Dengan aplikasi ini, Guru dapat menambahkan angka, efek teks, animasi, tautan, latar belakang, dan lainnya.

Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif ini memungkinkan guru untuk memindahkan karakter dan teks sesuai kebutuhan hanya dengan memilih dari efek dan pose yang tersedia.

Guru bahkan dapat memposting media menarik yang dibuatnya di YouTube atau situs media sosial lainnya seperti Facebook. Guru menggunakan Powtoon untuk membuat bahan ajar yang dapat disimpan dalam berbagai jenis file seperti MP4, PDF dan PPT.

6. Aplikasi Prezi

Aplikasi Prezi adalah cara lain untuk membuat materi pembelajaran interaktiif. Guru dapat membuat dan mengelola presentasi secara online menggunakan perangkat lunak Prezi atau program yang dalam banyak hal serupa dengan PowerPoint dan Google Slide.

Hal terpenting tentang Prezi adalah ia memiliki Zooming User Interface (ZUI). Fitur ini memberi Guru kebebasan dan fleksibilitas untuk memperbesar dan memperkecil presentasi video. Guru juga dapat memilih tampilan presentasi dalam mode linier. Presentasi dalam mode linier memiliki slide yang muncul satu demi satu.

Guru dapat menggunakan Prezi baik online maupun offline. Guru dapat membuka prezi.com di komputer mereka. Guru harus menginstal aplikasi terlebih dahulu sebelum situs dapat dilihat secara offline. Prezi memiliki fitur utama seperti Prezi Present, Prezi Video dan Prezi Design.

7. Aplikasi Kinemaster

Saat ini banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk membuat film pendidikan gratis. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh orang yang mengupload video youtube atau convert video saja. Banyak guru menggunakan aplikasi Kinemaster ini untuk membuat film pendidikan.

Guru bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dari play store. Guru dapat mempelajari cara menggunakannya dari pelajaran yang dibagikan secara luas di YouTube jika Guru tidak dapat mengetahuinya sendiri.

Aplikasi Kinemaster ini memiliki opsi gratis dan berbayar. Jika Guru ingin memanfaatkan pembuatan video pendidikan terbaik, Guru dapat membeli menu tambahan yang ada seperti menu untuk menambahkan kartun, efek video, transisi, overlay, jenis teks dan audio.

8. Aplikasi Assemblr.edu

Assembr Edu adalah contoh Media Pembelajaran Interaktif yang dapat digunakan untuk membuat materi pendidikan. Assemblr EDU adalah aplikasi yang memungkinkan guru cerdas menggunakan ruang 3D dan AR (Augmented Reality) untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan aplikasi untuk mengunggah file, membuat catatan, berbagi gambar, dan membuat proyek 3D dan AR untuk digunakan di kelas.

Demikianlah beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para guru sebagai Media Pembelajaran Interaktif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah. Teknologi canggih yang ada di jaman sekarang seharusnya sudah banyak dimanfaatkan oleh para guru untuk menunjuang segala kebutuhan mereka yang berkaitan dengana pembelajaran siswa.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *