asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

5 Alasan Kenapa Harus Cinta Rupiah

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK sering kita mendengar pertanyaan tentang mata uang kita, Mengapa rupiah dan kenapa rupiah, ini yang belum kita ketahui dan selama ini kita hanya mencari uang Rupiah receh maupun lembaran, ratusan maupun ribuan bahkan sampai angka yg tak terhingga untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Inilah saatnya kita ketahui bersama 5 Alasan Kenapa Harus Cinta Rupiah.

Dari Mana Bahasa Rupiah Itu ?

Rupiah ‘Rupe’ mata uang India, yang berasal dari kata Sansekerta yang artinya koin perak. Dan kita sama-sama tahu dahulu negara kita disebut Hindia Belanda oleh bangsa penjajah. Sejarah panjang yang merubah kata rupe menjadi rupiah dan sudah menjadi mata uang sebagai alat pembayaran yg sah di Indonesia. Bahkan sebelum rupiah hadir istilah-istilah lain dalam penyebutan uang bermacam-macam.

Rupiah memiliki beberapa satuan terkecil di bawahnya. Pada waktu masa awal kemerdekaan, rupiah disamakan nilainya dengan “gulden” Hindia Belanda, sehingga dipakai pula satuan-satuan yang lebih kecil yang berlaku pada masa kolonial. Berikut ini bentuk rupiah yang pernah digunakan, akan tetapi sudah tidak lagi digunakan karena penurunan nilai rupiah menyebabkan satuan itu tidak bernilai penting.

Sebutan Nilai Keterangan
sen Rp. 0,01 ada koin pecahan 1 dan 5 ¢
Cepeng, hepeng 0,25¢ Dari  feng, dipakai di kalangan Tionghoa
peser 0,50¢
pincang 1,50¢
Gobang, benggol 2,50¢
Ketip, Kelip, Stuiver (bahasa Belanda) Rp. 0,05 ada koin pecahannya
picis Rp. 0,10 ada koin pecahannya
tali Rp. 0,25 ada koin pecahan 25 dan 50 ¢
Uang 8,33¢ ⅓ tali

Sejarah Rupiah

Sejarah Rupiah tidak begitu singkat untuk dikupas disini namun sejarah kehadiran Rupiah secara singkat kita wajib tahu.

1. Kenapa wajib ?

Singkatnya kita ini pengguna yang kita tahu mata uang yang kita gunakan uang rupiah tersebut dari mana dan uang rupiah dan bisa digunakan sebagai mata uang yang sah di Indonesia.

Yu kawan-kawan sebagai Rakyat Indonesia kita jangan sekedar pengguna saja. Tapi menjadi pengguna yang tahu akan sejarah dan mari kita dukung penggunaannya dengan bijak.

2. Sekapur Sirih Rupiah Indonesia

Oeang Republik IndonesiaSahabat Info GTK dimasa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah akan tetapi menggunakan mata uang resmi yang disebut sebagai ORI (Oeang Republik Indonesia). Peredaran waktu mata uang ORI di Indonesia selama 4 tahun, ORI sudah mulai digunakan semenjak 1945-1949.

Mata uang ORI digunakan secara sah baru akan dimulai sejak pemerintah Indonesia meresmikannya pada tanggal 30 Oktober 1946. Design ORI sangat sederhana menggunakan pengaman dengan serat yang halus dan dicetak oleh Percetakan Canisius. Dalam jangka 4 tahun ori sudah dicetak sebanyak 5 kali,

  • Cetakan seri I pada 17 Oktober 1945,
  • Cetakan seri II pada 1 Januari 1947,
  • Cetakan seri III dikeluarkan pada 26 Juli 1947.

ORI (Oeang Republik Indonesia) pada masa itu merupakan mata uang yang memiliki nilai yang sangat murah apabila dibandingkan dengan mata uang yang dikeluarkan oleh de Javasche Bank.

Pemerintah pada tanggal 2 November menetapkan mata uang Rupiah sebagai pengganti mata uang ORI. Namun  Rupiah sebenarnya sudah dikenal dan ada sebelum dikeluarkannya ORI. Konsep Rupiah sudah ada dan dikenal semenjak abad ke 5 dan 6 masehi. Rupiah dikenal luas sebagai mata uang sebelum masa kemerdekaan pada waktu masa penjajahan jepang (Dai NIPPON) yaitu pada perang dunia ke 2. Rupiah diperkenalkan pada masyarakat dengan sebutan mata uang hindia belanda dan setelah masa kemerdekaan rupiah dikenal dengan rupiah jawa. namun rupiah belum resmi menjadi mata uang karena yang mencetak mata uang rupiah bukan bank central milik  pemerintah.

Namun keraguan tentang mata uang ini kapan mata uang rupiah dipakai sebagai mata uang resmi. Mata Uang Rupiah setelah diresmikannya masih ada satu uang yang dipakai di Indonesia yang dikeluarkan pada masa RIS (Republik Indonesia Serikat) yang dikenal sebagai mata uang RIS. Namun mata uang RIS dikenal dalam sejarah sebagai uang pengganti sebelum rupiah.

RIS berakhir setelah masa uang Rupiah resmi digunakan secara umum dan sudah banyak mengalami perkembangan dan lakukan proses penyempurnaan dan kemudian dikontrol oleh Bank Indonesia. Bank indonesia secara resmi dijadikan bank central dan diberi kewenangan untuk mengatur perbankan pada tanggal 1 Juli 1953.

3. Mata Uang Rupiah dan Logo

Cinta Rupiah_BelakangSetelah membaca sejarah maka kita sudah tahu sejarah panjang dan proses adanya rupiah tidak begitu mudah. maka kita bersyukur akhirnya dengan niat dan tekat pemerintah dan BI untuk memperkuat Rupiah harus kita dukung dengan sepenuh hati.

Secara resmi akhirnya pada tanggal 19 Desember 2016 Bank Indonesia mengeluarkan design terbaru, dengan design yang mewah serta menapilkan wajah baru para pahlawan kita yang terdiri dari 4 pecahan uang logam dan 7 uang kertas dan semua photo wajah pahlawan berganti diuang tunai kecuali pecahan nominal  100.000 Rupiah tetap menampilkan wajah dua Proklamator RI yaitu Soekarno dan Hatta.

Bank Indonesia (BI) menerbitkan design baru ini yaitu bertepatan dengan Hari Bela Negara Indonesia. Setelah diterbitkannya rupiah baru, maka uang rupiah yang sudah beredar di masyarakat masih berlaku dan masih bisa digunakan sebagai alat transaksi yang sah sampai BI menarik peredaran rupiah lama. Penggunaan gambar pahlawan pada rupiah baru juga sebelumnya sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

4. Mata Uang Rupiah Dimata Dunia

Pengakuan mata uang rupiah dimata Dunia membuat kita bangga. Namun nilai tukar rupiah dengan mata uang dunia lain kita rendah.

Maka siapa yang wajib menjaga mata uang kita tetap terjaga, wibawa, sehingga rupiah menjadi mata uang dunia yang keadaanya diakui sebagai mata uang yang patut diperhitungkan.

Contoh nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dollar yang sangat jauh berbeda. Perbedaan ini yang membuat kita tergugah untuk mengangkat derajat mata uang rupiah dimata uang dunia.

5. Rupiah Alat Tukar Jual Beli Yang Syah

Sebagai alat tukar jual beli yang syah tidak sedikit orang yang bekerja yang tujuannya hanya mengumulkan uang. Dan ada juga yang mencari rupiah sekedar untuk penyambung hidup dan menopang kebutuhan.

Manusia sebagai makhluk sosial, agar kestabilan sosial tetap terjaga maka kita harus bekerja yang pada akhirnya pekerjaan kita pun dihargai dengan mata uang rupiah sesuai dengan pekerjaan yang telah kita lakukan. Karena mata uang rupiah menjadi alat tukar yang syah maka kita wajib untuk menjaganya.

Demikianlah sahabat Info GTK 5 Alasan Kenapa Harus Cinta Rupiah. Semoga gerakan cinta rupiah yang kita gemakan terdengar ke seantero pelosok wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia dan menjadikan Rupiah berarti dimata uang dunia.

#AkuCintaRupiah

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

One thought on “5 Alasan Kenapa Harus Cinta Rupiah

Leave a Reply