File cache atau file yang tidak terpakai di smartphone Android bisa menjadi salah satu penyebab penuhnya memori internal. Untuk itu kami bisa memberikan petunjuk aplikasi pembersih sampah RAM dan cache di Android terbaik yang bisa Anda gunakan.

Cache merupakan salinan data absolut dari suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna mengakses kembali aplikasi dengan lebih cepat. Pada dasarnya Android menyediakan sejumlah memori untuk menyimpan data dari setiap aplikasi.

Setiap aplikasi Android yang diinstal pada perangkat memiliki sejumlah kecil memori yang tersedia. Namun kapasitasnya berbeda-beda untuk setiap aplikasi. Konten yang disimpan hanya mencakup file yang dikenali secara ketat oleh aplikasi.

Dengan cara ini, jika aplikasi ditutup atau tidak sengaja ditutup, konten yang sudah dalam bentuk cache tidak perlu dimuat ulang.

12 Aplikasi Pembersih RAM dan Cache

Sebenarnya aplikasi untuk membersihkan RAM dan cache di Google Play Store cukup banyak. Namun agar Anda bingung memilih, kami telah memilihkan beberapa yang terbaik.

Nah, berikut petunjuk aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik untuk smartphone Android versi Telset. Ada sesuatu? Mari kita lihat daftar selanjutnya.

1. Pembersih CC

CCleaner merupakan aplikasi cleaner Android terbaik yang sudah cukup populer. Kemampuannya dalam menghapus cache sudah terbukti di banyak platform, seperti Windows, Linux, dan termasuk Android.

Aplikasi pembersih hp terbaik ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna seperti menghapus file sampah, mengosongkan RAM, memantau proses smartphone, dan juga membuat Anda menjelajah internet di smartphone dengan lebih aman.

Antarmuka pengguna cukup ramah pengguna. Ditambah lagi penggunaannya cukup mudah dan tidak membingungkan.

2. Penguat untuk Android

Aplikasi pembersih RAM selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan adalah Booster for Android. Aplikasi ini tidak hanya memiliki fitur pembersihan cache, tetapi juga mencakup banyak fitur bermanfaat lainnya.

Booster untuk Android menghadirkan sederet fitur seperti pembersih sampah Android terbaik, cache, akselerator memori, pengoptimal baterai, dan pengisian daya cerdas.

Fitur cache cleaner dapat memudahkan Anda membersihkan file cache lama yang memenuhi smartphone Anda, dan berpotensi mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lebih lambat. Tidak benar jika aplikasi pembersih cache Android ini menjadi andalan banyak orang.

3. 1Ketuk Pembersih

Mencari cara untuk menghapus cache di ponsel cerdas Anda tanpa harus khawatir? Anda bisa mencoba aplikasi pembersih Android terbaik bernama 1Tap Cleaner.

1Tap Cleaner dikatakan sebagai aplikasi penghapus cache terbaik hanya dengan satu ketukan. Aplikasi ini tidak hanya dapat menghilangkan file sampah, tetapi juga dapat menghapus riwayat panggilan, riwayat browser, dan lain sebagainya.

4. Pembersih AVG

Selain mampu membersihkan cache yang tersimpan di smartphone Anda, aplikasi AVG Cleaner juga diklaim mampu membuat ponsel Anda bekerja lebih cepat dan lancar.

Tidak hanya menghapus file sampah di smartphone, aplikasi pembersih cache ini juga bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bloatware yang terpasang di smartphone Android Anda.

5. Pembersih Nox

Nox Cleaner merupakan aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik di Android dengan rating yang cukup bagus. Aplikasi ini berguna untuk membersihkan file sampah yang dapat mempercepat kinerja ponsel Android Anda.

Selain itu, Nox Cleaner juga mampu melindungi ponsel Anda dari ancaman privasi, membersihkan file duplikat, dan membantu memperpanjang umur baterai ponsel cerdas Anda.

Menariknya lagi, Nox Cleaner dapat memindai ponsel Anda dari ancaman virus secara real time. Bisa dibilang, aplikasi pembersih cache Android ini menawarkan fitur yang cukup banyak bagi penggunanya.

6. Pengoptimal Droid

Droid Optimizer merupakan aplikasi pembersih sampah terbaik di HP selanjutnya yang bisa Anda andalkan untuk membersihkan file sampah di smartphone Anda. Ini membantu Anda meningkatkan kinerja ponsel yang Anda miliki.

Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur lain seperti menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis, mengatur izin setiap aplikasi, dan lain sebagainya.

7. Pengoptimal Avira

Aplikasi pembersih RAM dan cache Android terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Avira Optimizer. Tidak hanya membersihkan cache, aplikasi ini juga memiliki fitur lain berupa pembersih RAM, pembersih memori, penambah baterai, dan lain sebagainya.

Avira Optimizer merupakan aplikasi pembersih file sampah yang cukup berguna di ponsel kamu. Memiliki banyak fitur dan tentunya dapat sangat memudahkan Anda.

8. Bersihkan Droid

Aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik di Android selanjutnya adalah Clean Droid. Aplikasi ini dapat menghapus banyak jenis file sampah hanya dengan satu ketukan.

Dengan menghapus berbagai file sampah yang ada di ponsel Anda, tentu kinerja perangkat Anda akan meningkat. Selain itu, ruang penyimpanannya juga lebih lega dibandingkan sebelumnya.

9. File oleh Google

Berikutnya ada aplikasi Files by Google. Sebenarnya ini adalah aplikasi file manager, namun didalamnya terdapat fitur yang berfungsi sebagai pembersih file sampah di hp anda.

Files by Google sangat handal sebagai aplikasi pembersih RAM dan cache smartphone Android. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur seperti mengirim file secara offline, membackup file ke cloud, dan lain sebagainya.

10. Pembersih Telepon

Aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik selanjutnya adalah Phone Cleaner. Aplikasi ini dapat membantu mengosongkan aplikasi yang tidak terpakai di RAM dan menghapus berbagai file sampah di smartphone.

Selain itu, Pembersih Ponsel juga memiliki fitur lain seperti Pendingin CPU, Peningkatan 1 Ketukan, dan termasuk Pembersih Notifikasi.

11. Pembantu Sekolah Dasar

SD Maid dapat membantu Anda menjaga perangkat Anda selamanya bersih dari file tidak berguna dan berpotensi mengganggu kinerja ponsel.

Aplikasi SD Maid memungkinkan Anda mengatur file, menghapus file yang tidak berguna, mendeteksi file sampah yang awalnya milik aplikasi yang dihapus instalasinya, dan menjalankan pembersihan secara otomatis.

12. Pembersih Mudah

Aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik yang terakhir adalah Easy Cleaner. Aplikasi ini berguna untuk menambah ruang penyimpanan ekstra dan dapat meningkatkan kinerja smartphone.

Berbagai aplikasi yang tidak digunakan bisa ditutup di latar belakang. Hal ini menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lancar dan menghemat baterai.

Jika terdapat file sampah, Anda cukup menggunakan aplikasi ini untuk membersihkannya dengan sangat mudah. Selain mempengaruhi performa, ruang penyimpanan juga bisa lebih lega.

Nah, itulah daftar petunjuk aplikasi pembersih cache terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menghapus file sampah di smartphone Android Anda. Tips aplikasi terbaik lainnya juga bisa Anda lihat di channel Telset Apps. Semoga beruntung! (SDM/MF)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *