Suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dapat menghasilkan suatu barang atau jasa. Pekerjaan yang menghasilkan jasa saat ini cukup banyak dan disukai banyak orang. Bahkan, pekerjaan ini juga bisa dijadikan salah satu mata pencaharian utama.

Meskipun sebagian besar masyarakat sudah mengenal jenis-jenis profesi yang menghasilkan jasa. Ternyata di era digital saat ini ada beberapa jenis pekerjaan baru yang mampu memberikan beberapa layanan menarik. Bahkan bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Untuk mengetahui tentang profesi penghasil jasa, ada baiknya Anda membaca beberapa ulasan yang akan dibahas di bawah ini. Hal ini memungkinkan Anda mempertimbangkan jenis pekerjaan baru yang kemungkinan besar akan berkembang di masa depan.

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa

Di bawah ini ada beberapa jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, mari kita simak:

1. Dosen

pengajar

Adalah seorang guru yang memiliki minimal gelar master dan dapat mengajar di perguruan tinggi atau universitas berdasarkan gelar yang dimilikinya.

2. Tenaga Medis

tenaga medis

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya adalah tenaga medis. Beberapa contohnya adalah dokter, perawat, dan bidan. Mereka memberikan pelayanan yang erat kaitannya dengan kesehatan pengguna jasa.

Pekerjaan ini memerlukan pemberian pelayanan di rumah sakit, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya dengan jam kerja yang sangat berbeda dengan bekerja di kantor. Tenaga medis harus siap setiap saat ketika pengguna jasa membutuhkannya.

Untuk dapat memberikan pelayanan prima, tenaga medis harus mempunyai pengetahuan yang tinggi. Sekolah harus diikuti dan juga berbagai praktik harus dilakukan. Pelayanan yang dapat diberikan oleh tenaga medis antara lain pembedahan, pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan dan juga pengobatan.

Baca juga: Cara Top Up Higgs Domino Murah Via Pulsa Terbaru 2023

3. Pengemudi Kendaraan atau Angkutan

pengemudi kendaraan atau angkutan

Pekerjaan ini menuntut pekerjanya ahli dalam mengemudikan angkutan umum maupun pribadi. Mereka mengantar pengguna jasa yang disebut penumpang dari satu tempat ke tempat lain. Karena jasa yang diberikan tidak berupa barang, maka profesi pengemudi kendaraan atau angkutan tergolong dalam profesi penghasil jasa.

Pengemudi, teknisi kereta api, pilot, nakhoda, dan kusir merupakan contoh pengemudi berbagai alat transportasi di Indonesia. Pekerjaan mereka mungkin tampak sederhana. Padahal, mereka bertanggung jawab atas keselamatan seluruh penumpangnya.

4. Penerjemah

Penerjemah

Seorang penerjemah mempunyai kemampuan menguasai berbagai jenis bahasa dengan baik. Hal ini diperlukan atau dibutuhkan ketika ada suatu peristiwa atau keperluan yang melibatkan masyarakat dari berbagai negara.

5. Akuntansi

akuntansi

Pekerjaan akuntansi sangat dibutuhkan di perusahaan maupun pegawai pemerintahan. Profesi akuntansi ini bertugas menyiapkan laporan dan analisis keuangan di lingkungan perusahaan dan juga pemerintah.

6. Konsultan

konsultan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian konsultan adalah seseorang yang ahli sebagai konsultan atau penasihat.

Penasihat atau konsultan memberikan bimbingan, pertimbangan, penelitian dan saran dalam bidang tertentu. Dibutuhkan konsultan di bidang kesehatan, hukum, pemasaran dan proyek.

Baca juga: Contoh teks eksposisi lengkap dan strukturnya

7. Layanan SEO

layanan seo

Jasa SEO atau optimasi mesin pencari juga sangat dibutuhkan saat ini. Faktanya, sebagian besar perusahaan sudah memiliki karyawan yang khusus melakukan proses SEO agar websitenya mudah ditemukan di internet. Kondisi ini dapat menyebabkan jumlah penjualan meningkat.

Layanan ini juga dapat diberikan tanpa menjadi karyawan suatu perusahaan. Biasanya para freelancer atau pekerja lepas bisa menawarkan jasa SEO ke berbagai perusahaan sehingga bisa memaksimalkan penjualan online.

8. Jasa Kebersihan Rumah

layanan pembersihan rumah

Tidak mempunyai waktu untuk membersihkan rumah bukan menjadi kendala bagi seseorang untuk bisa memiliki rumah yang bersih. Meski tanpa harus menggunakan jasa pembantu rumah tangga, kebersihan rumah tetap bisa terjaga dengan baik jika ingin menggunakan jasa bersih-bersih rumah.

Saat ini jasa pembersihan rumah sudah banyak ditemui di kota-kota besar. Jadi seminggu sekali Anda bisa menggunakan jasa ini untuk membersihkan rumah Anda agar tetap terlihat sangat rapi dan bersih.

9. Teknisi

teknisi

Teknisi adalah orang yang bekerja untuk memperbaiki kerusakan atau permasalahan pada mesin. Jasa yang dijual merupakan jasa perbaikan mekanis suatu benda. Semakin besar tingkat kesulitan perbaikan, biasanya semakin tinggi pula harga jasanya.

Teknisi tidak membuat sesuatu yang baru, mereka hanya memperbaikinya. Mereka membuat barang-barang yang ada dan rusak berfungsi kembali. Oleh karena itu, teknisi merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa, bukan barang.

10. Sumber Daya Manusia (SDM)

sumber daya manusia (jam)

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu divisi penting dalam sebuah perusahaan. Tugas HR sendiri berkaitan dengan ketenagakerjaan dan memastikan karyawan mendapatkan haknya dan puas dengan pekerjaannya.

HR juga menangani atau mengelola pelatihan, rekrutmen, tunjangan karyawan, dan kompensasi bagi karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *