Siapa sangka bahwa kegiatan outing class menjadi salah satu kegiatan yang mungkin ditunggu-tunggu oleh siswa.

Di jaman sekarang ini telah banyak diciptakan cara-cara belajar baru untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa. Salah satu contohnya adalah penyelenggaraan outing class sebagai sarana pembelajaran. Kegiatan ini dapat digunakan di semua jenjang pendidikan, baik SD maupun SMA.

Ada banyak hal yang berubah dalam dunia pendidikan sejak Maret 2020, saat wabah corona COVID-19 dimulai. Selama epidemi, tidak ada pengajaran atau pembelajaran tatap muka. Pembelajaran jarak jauh, juga dikenal sebagai PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), adalah cara para siswa belajar. Terkadang juga tidak ada tugas di kelas. Bahkan hal-hal seperti wisata yang biasa dilakukan setiap hari kini sudah tidak dilakukan lagi.

Apa yang dimaksud dengan Outing Class?

Outing class adalah cara umum guru membantu siswa belajar. Kata “outinf” berarti “outing training”. Outing class adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik di dalam maupun di luar ruangan (outdoor), memainkan berbagai permainan simulasi (outing class games) sendiri atau bersama orang lain untuk mengisi waktu luang atau refreshing. Outing Class juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kerja sama tim (team building), dan solidaritas.

Class trip ini biasanya dilakukan setiap minggu. Kegiatan ini bisa, dilakukan dengan mengambil waktu satu kali selama satu semester. Outing class adalah cara yang berbeda bagi siswa untuk belajar. Lalu apa saja kegiatan outing class sekolah dasar? Baca jawaban lengkapnya.

Ide- Ide Untuk Kegiatan Outing Class Para Siswa SD

Ide Outing Class untuk siswa SD

source: mdindonesia.com

Outing class dapat dilihat sebagai kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar kelas. Tujuan outing class adalah untuk mengeluarkan siswa dari kebiasaan belajar normal mereka dan memberi mereka sesuatu yang baru untuk dilakukan.

Outing class juga dapat membantu siswa belajar terhubung dengan alam daripada hanya membacanya di buku-buku yang membosankan. Siswa sekolah dasar masih muda dan suka bermain, jadi outing class akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.

Masyarakat beranggapan bahwa belajar sambil bermain itu baik untuk anak sekolah dasar, padahal ada anggapan tersebut kini mulai terbukti tidak sepenuhnya betul. Hal ini dikarenakan para siswa membutuhkan suasana pembelajaran yang akan membuat mereka lebih antusias dan semangat. Berikut adalah beberapa ide untuk outing class dasar untuk kelompok siswa SD.

1. Kunjungan ke kebun binatang

Siswa dapat belajar tentang binatang kebun binatang dengan melihat seperti apa mereka, di mana mereka tinggal, apa yang mereka makan dan bagaimana mereka bereproduksi. Di beberapa kebun binatang, siswa juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan dengan cara memberi makan, berfoto bersama, dan menyentuhnya.

2. Mengunjungi Agrowisata

Siswa dapat mengenal binatang-binatang yang ada di kebun binatang. Dalam jenis perjalanan pertanian ini, siswa dapat belajar tentang tanaman yang berbeda dan karakteristiknya, spesies, dan fakta lainnya. Sebagai seorang guru, Anda juga dapat mencoba menggunakan apa yang telah dipelajari siswa dari literatur mereka.

3. Wahana Outbond

Mengunjungi outbond juga merupakan ide yang bagus untuk outing class. Sekolah biasanya bisa bekerja sama dengan Event Organizer (EO) agar lebih menyenangkan. EO inilah yang biasanya akan membantu membuat banyak game. Selain menyenangkan, sebagian besar permainan dirancang untuk membantu siswa meningkatkan “soft skill” mereka. Misalnya, kepemimpinan, pemecahan masalah, kerja tim, dll.

4. Berkemah

Berkemah bisa menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menghabiskan perjalanan. Ketika siswa diminta untuk pergi berkemah, mereka pasti akan bersemangat. Menyatu dengan alam memberi mereka banyak hal untuk dipelajari. Kegiatan Itu juga dapat membantu orang belajar mandiri.

5. Pergi ke perpustakaan kota

Keterampilan membaca siswa dapat ditingkatkan dengan jalan-jalan ke perpustakaan kota. Koleksi perpustakaan kota besar dan beragam, yang memberi siswa lebih banyak sumber daya untuk digunakan.

Perpustakaan kota juga memiliki banyak program membaca dan menulis yang menyenangkan. Misalnya, siswa pasti akan mendapat manfaat dari pelajaran mendongeng dan menulis.

6. Mengunjungi Museum

Museum menawarkan banyak kesempatan belajar bagi siswa melalui koleksinya. Siswa dapat belajar tentang peristiwa masa lalu, dari zaman prasejarah hingga zaman kekaisaran dan kemerdekaan Indonesia.

7. Heritage Track

Heritage Track/ Jejak warisan adalah kegiatan yang menyenangkan dalam pelajaran di luar ruangan. Siswa dapat mendaki dan belajar sejarah pada waktu yang sama. Kawasan Kota Tua merupakan salah satu jalur sejarah yang bisa dilihat.

Setiap kota memiliki wilayah yang disebut “Kota Tua”. Jika Anda pergi ke kota tua, Anda bisa bersenang-senang dan belajar tentang masa lalu kota tersebut.

8. Mengunjungi kantor pemerintah

Siswa juga dapat melakukan outing class ke lembaga negara. Di sini, siswa belajar apa yang sebenarnya dilakukan lembaga pemerintah. Bukan hanya membaca buku untuk belajar. Kegiatan ini juga bisa menjadi cara bagi siswa untuk belajar tentang jenis pekerjaan tertentu.

9. Mengunjungi Taman Air

Siswa akan dapat bermain olahraga dan permainan air. Kegiatan ini juga akan membuat tubuh para siswa dan pikiran mereka kuat dan sehat.

10. Mengunjungi Pabrik

Beberapa sekolah mengatur perjalanan di mana mereka mengunjungi perusahaan. Sebagian besar pabrik yang terlihat terkait dengan pendidikan, seperti pabrik kertas. Siswa dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana sesuatu dibuat dengan mengunjungi pabrik. Kegiatan ni dapat membantu para siswa mengenai suatu usaha dengan lebih baik.

Manfaat membawa siswa sekolah dasar dalam kegiatan outing class

Ternyata belajar melalui outing class banyak keuntungannya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa siswa sekolah dasar harus melakukan outing class bersama kelas:

  • Membantu siswa belajar lebih banyak tentang alam dan lebih menjaganya.
  • Membuat pembelajaran tidak membosankan bagi siswa.
  • Memfasilitasi pengajaran oleh guru, karena siswa menerima informasi pembelajaran langsung dan dunia nyata dari situs.
  • Membantu siswa menjadi kreatif dan memunculkan ide-ide baru.
  • Membuat anak lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar.
  • Membuat siswa menyadari lingkungan mereka.
  • Membantu siswa meningkatkan indera dan gerakan mereka.
  • Membantu siswa mengembangkan rasa percaya diri

Demikianlah beberapa tips mengenai kegiatan outing class untuk siswa dasar, dan juga berbagai manfaat yang bisa didapat dari kegiatan-kegiatan tersebut. Kegiatan outing class diharapkan juga masuk dalam daftar kegiatan tahunan dalam pembelajaran jika guru ingin membuat para siswa menjadi lebih semangat dalam belajar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *