Pembangunan ekonomi merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kemajuan suatu negara. Setiap komponen dalam suatu negara, baik pemerintah maupun masyarakat, harus berperan aktif dalam kegiatan pembangunan. Pemerintah berperan sebagai pengarah dan pemberi pedoman pertumbuhan ekonomi.

Memahami Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses perekonomian untuk meningkatkan pendapatan per kapita dalam jangka waktu yang panjang dan disertai dengan perubahan struktur perekonomian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Banyak orang yang salah mengira bahwa pembangunan ekonomi sama dengan pertumbuhan ekonomi. Padahal, pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas dibandingkan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi hanya melihat peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) tanpa mempertimbangkan persentase kenaikan PDB relatif terhadap pertambahan jumlah penduduk. Jadi pertumbuhan ekonomi hanya fokus pada peningkatan PDB.

Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika PDB meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Namun suatu negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi bukan berarti mengalami pembangunan ekonomi karena pembangunan memperhitungkan pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita = PDB pada tahun tertentu: Jumlah penduduk pada tahun tertentu

Tujuan Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan pendapatan per kapita. Sehingga pembangunan ekonomi tidak hanya memperhatikan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) saja, namun juga memperhatikan persentase kenaikan PDB relatif terhadap pertambahan jumlah penduduk negara tersebut.

    Pendapatan per kapita dapat menurun jika persentase pertambahan penduduk lebih besar dibandingkan persentase pertambahan PDB. Jika hal ini terjadi berarti pembangunan ekonomi belum berhasil.

  1. Meningkatkan ketersediaan berbagai kebutuhan hidup pokok masyarakat seperti pangan, sandang, dan papan. Ini termasuk keamanan, pendidikan dan kesehatan.
  1. Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini terjadi karena semakin terbukanya lapangan kerja yang dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidikan.
  1. Memperluas pilihan sosial dan ekonomi untuk setiap komunitas. Hal ini juga memberikan kebebasan masyarakat dari ketergantungan pada negara lain.

Indikator Pembangunan Ekonomi

Indikator digunakan untuk menunjukkan kondisi pembangunan perekonomian suatu negara apakah berhasil atau tidak. Indikator ini terdiri dari dua jenis yaitu indikator ekonomi dan indikator sosial sebagai berikut:

  1. Indikator ekonomi

Untuk mengukur berhasil atau tidaknya pembangunan ekonomi suatu negara dapat menggunakan indikator peningkatan pendapatan per kapita yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Peningkatan pendapatan per kapita ini juga harus dibarengi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perubahan struktur perekonomian. Total Produk Nasional Bruto (PNB) merupakan indikator ekonomi pembangunan ekonomi. GNI adalah pendapatan nasional bruto dibagi jumlah penduduk.

  1. Indikator Sosial

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi juga harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan kesejahteraan. Tingkat pemerataan kesejahteraan masyarakat biasanya menggunakan Koefisien Gini yang merupakan Indeks Pembangunan Manusia.

Indeks Pembangunan Manusia mencakup indeks pendidikan berupa indeks melek huruf dan rata-rata lama sekolah, indeks harapan hidup, dan indeks taraf hidup layak.

Indeks Kualitas Hidup juga digunakan sebagai indikator yang merupakan gabungan dari 3 indikator yaitu angka kematian, angka melek huruf, dan angka harapan hidup pada usia 1 tahun.

Masalah Utama Pembangunan

Pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh negara didasarkan pada permasalahan utama yang dialami negara tersebut. Permasalahan utama terbagi menjadi kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan distribusi pendapatan.

  1. Kemiskinan

Permasalahan utama pembangunan berupa kemiskinan akan mendorong setiap negara untuk melakukan pembangunan. Oleh karena itu, untuk mengentaskan kemiskinan, negara harus berupaya meningkatkan pembangunan ekonomi

  1. Pengangguran

Permasalahan pengangguran merupakan permasalahan jangka panjang yang harus segera dicarikan solusinya oleh negara. Keberadaan pengangguran dalam jumlah besar tentu sangat mengkhawatirkan.

  1. Ketimpangan Distribusi Pendapatan

Ketimpangan distribusi pendapatan erat kaitannya dengan munculnya kemiskinan di suatu wilayah. Seringkali pertumbuhan ekonomi yang terjadi tidak dibarengi dengan pemerataan pendapatan sehingga menyebabkan kesenjangan kemiskinan semakin melebar.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Perkembangan perekonomian suatu negara bisa saja meningkat, namun di saat lain justru menurun. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti berikut ini:

Sumber daya alam mencakup segala sesuatu yang disediakan oleh alam seperti iklim, tanah, hasil pertambangan dan hasil hutan yang dapat dimanfaatkan manusia untuk mencapai kesejahteraan. Sumber daya alam yang melimpah akan sangat memudahkan upaya pengembangan perekonomian negara.

Namun melimpahnya sumber daya alam belum menjadi jaminan pertumbuhan ekonomi negara. Keberhasilan masyarakat dan negara dalam memanfaatkan sumber daya alam secara optimal merupakan kunci keberhasilan pembangunan ekonomi. Negara yang miskin sumber daya seperti Jepang adalah contoh negara yang kekurangan sumber daya namun sudah maju.

Sumber Daya Alam (SDA) merupakan faktor produksi alam yang mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat pembangunan ekonomi. Negara dengan sumber daya alam yang memadai dan dikelola secara optimal akan memberikan PDB yang tinggi dan pada akhirnya berperan dalam meningkatkan pendapatan per kapita.

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tenaga kerja yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan produksi negara dalam waktu satu tahun. Meningkatnya jumlah produksi akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Namun, jumlah tenaga kerja yang besar bisa menjadi bumerang bagi negara jika tidak dibarengi dengan kualitas atau keterampilan yang memadai. Tenaga kerja dengan keterampilan yang rendah justru dapat menyebabkan penumpukan pengangguran yang menimbulkan permasalahan baru bagi negara.

  • Manajemen Perekonomian Negara

Pengelolaan perekonomian negara memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi. Sistem pengelolaan atau pengelolaan yang baik akan mampu mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di suatu negara.

Peran wirausaha dalam meningkatkan pembangunan perekonomian suatu negara sangatlah besar dan telah terbukti seiring berjalannya waktu. Wirausaha sendiri adalah seseorang yang berani dan mampu mengambil resiko membangun suatu usaha agar dapat memperoleh keuntungan.

Pengusaha yang membangun usaha akan mampu memperluas kesempatan kerja sehingga lebih banyak menyerap tenaga kerja di masyarakat. Hal ini akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan per kapita masyarakat.

Besar kecilnya pasar yang memungkinkan para pengusaha atau pengusaha untuk memasarkan produk dan jasanya sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu negara.

Luas pasar yang lebih luas akan mampu mendorong para pengusaha untuk menerapkan teknologi modern pada kegiatan produksi di pabriknya sehingga tingkat produktivitas semakin tinggi.

Hambatan terhadap Pembangunan Ekonomi

Terdapat beberapa kendala yang menghambat pembangunan negara sebagai berikut:

  • Perekonomiannya adalah listrik ganda
  • Modal rendah
  • Tingkat pendidikan rendah
  • Ekspor didominasi oleh ekspor barang mentah yang dihasilkan dari industri primer seperti pertambangan, pertanian, dan kehutanan
  • Perpindahan penduduk (urbanisasi) dari daerah miskin ke daerah maju yang didominasi oleh generasi muda dan terpelajar

Pembangunan ekonomi harus dilaksanakan oleh seluruh komponen negara, baik masyarakat maupun negara, untuk mewujudkan pembangunan nasional yang sejahtera dan berkelanjutan. Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan permasalahan perekonomian jangka panjang yang harus dipersiapkan secara matang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *