Kelas mamalia berasal dari bahasa latin yaitu mamae yang artinya susu. Jadi, semua jenis hewan mudah saja memiliki kelenjar susu. Selain itu tahukah anda kalau manusia juga termasuk ke dalam mamalia? Itu karena manusia berkembang biak dengan melahirkan dan memiliki kelenjar susu.

Pasti banyak yang mengira kalau mamalia hanya hidup di darat kan? Padahal, paus dan lumba-lumba juga termasuk dalam kategori mamalia lho. Mengapa demikian? Penasaran? Simak ciri-ciri dan penjelasan kelas mamalia berikut ini.

Ciri-ciri Mamalia

Hewan yang tergolong mamalia adalah yang mempunyai kelenjar susu (betina), sedangkan pada hewan jantan kelenjar susunya akan mengalami penyusutan/pengecilan. Ciri-ciri umum kelas mamalia adalah:

  • Tubuhnya simetri bilateral
  • Lapisan tubuh terdiri dari 3 (triploblastik)
  • Tubuhnya ditutupi rambut
  • Alat gerak mempunyai fungsi untuk berjalan, berlari, berenang dan mampu memegang sesuatu
  • Mamalia yang memanjat mempunyai cakar atau kuku
  • Di mulutnya terdapat gigi geraham, gigi seri, dan gigi taring
  • Sistem pernapasan menggunakan paru-paru
  • Sistem ekskresi terdiri dari ginjal, hati, paru-paru dan kulit. Mempunyai ginjal bertipe metanefros dan mempunyai 2 buah ureter yang berasal dari kandung kemih.
  • Sistem peredaran darah tertutup. Jantung terdiri dari 4 ruang yaitu 2 ventrikel dan 2 atrium yang bersekat lengkap
  • Sistem pencernaannya sempurna dan lengkap
  • Sistem reproduksi dilakukan secara seksual dengan cara pembuahan di dalam tubuh (internal).
  • Di dalam tubuhnya terdapat rahim yang berfungsi sebagai tempat berkembangnya embrio.
  • Sistem saraf merupakan otak yang sudah berkembang sempurna, terutama otak besar.
  • Suhu tubuhnya homoiterm.

Pengelompokan/Klasifikasi Kelas Mamalia

  1. Pesan Marsupilami

Marsupilami merupakan mamalia yang mempunyai kantong pada mamalia betina. Kantung tersebut terletak di bagian ventral, pada embrio yang lahir prematur, dan akan melanjutkan perkembangannya di dalam kantung tersebut.

Contoh spesiesnya adalah kuskus (Phalanger sp), oposum (Didelphia marsupilia), koala (Phascolarctus sp), dan kanguru (Dendrolagus sp).

  1. Ordo Insektivora

Insektivora adalah mamalia yang makanannya berupa serangga, pucuk, biji-bijian, dan cacing. Mamalia ini mempunyai mata yang tertutup, bagian depan kakinya lebar dan dilengkapi dengan cakar yang besar.

Contoh spesies yang termasuk ke dalam insektivora Echinosorex albus, Scalopus sp Dan Scapanus sp.

  1. Ordo Demoptera

Ordo demoptera merupakan salah satu jenis kera yang dapat terbang. Makanannya terdiri dari buah dan daun. Semua kaki dan ekornya membentuk parasut berbulu yang disebut patagium.

Contoh spesiesnya adalah Gakopithecus sp.

  1. Ordo Chiroptera

Jenis mamalia pada ordo ini adalah mamalia yang dapat terbang dengan sayapnya yang berbentuk selaput interdigital. Sayap terletak di kaki depan dan belakang. Kaki belakangnya lebih kecil dan mempunyai cakar. Chiroptera sangat pandai terbang dan merupakan hewan nokturnal. Makanannya terdiri dari buah-buahan.

Contoh spesiesnya adalah sapi, Myotes spKelelawar Jawa (Pteropus edulis), vampir (Desmodus sp) dan sejenis kuda yang suka menghisap darah.

  1. Ordo Primata

Ordo primata ini meliputi kera, monyet, lemur, gorila, orangutan, dan manusia. Ordo ini meliputi hewan pemakan tumbuhan, hewan dan keduanya (omnivora). Hewan ini juga termasuk dalam kategori hewan nokturnal atau diurnal.

Mereka memiliki kaki yang besar dan tangan yang dilengkapi dengan jari-jari yang digunakan untuk memegang atau memanjat.

  1. Ordo Rodentia

Ciri khas ordo Rodentia adalah tidak mempunyai gigi taring dan dapat hidup di semua habitat. Hewan rodentia ini termasuk hewan seperti landak, tupai, hamster, dan tikus.

Contoh spesies lain yang termasuk dalam ordo ini adalah tikus (Mus musculus), tikus (Rattus sp), tupai pohon (Sciurus sp), Landak (Erethyson sp) dan kelinci percobaan (Marmota sp).

  1. Pesan Canivora

Karnivora merupakan ordo mamalia yang makanannya berupa daging. Ia memiliki gigi taring dan jari yang berkembang dengan baik, dilengkapi dengan cakar yang tajam.

Contoh spesiesnya adalah harimau (Felis tigris), anjing (Canis familiaris), serigala (Canis lupus), segel (Eumetopias jubatus), singa laut (Zalophus sp) dan tikus rumah (Felis catus).

  1. Ordo Cetacea

Cetacea adalah ordo yang mencakup paus dan lumba-lumba. Cetacea juga sering disebut mamalia laut. Contoh spesies lainnya adalah paus biru (musculus Balaenoptera) dan lumba-lumba laut (Dolphinus delvis).

  1. Pesan Lagmorpha

Ordo lagmorpha adalah mamalia pemakan tumbuhan. Contoh suatu spesies adalah kelinci (Kurikulum Orytologus).

  1. Ordo Proboscidea

Proboscidea merupakan ordo yang mencakup seluruh spesies gajah. Contoh spesiesnya adalah gajah afrika (Loxodonta Africana) serta gajah di India dan india (Elephas maximus).

  1. Ordo Artiodactyla

Salah satu ordo pada kelas mamalia ini ditandai dengan jumlah jari kaki yang genap. Contoh spesiesnya adalah sapi, unta, kerbau, rusa, rusa (Cervus sp), kambing (Aries sp), antelop (Antilocarpa sp), jerapah (Jerapah sp) dan banteng (Bos Sondaicus).

  1. Ordo Perissodactyla

Ordo Perissodactyla meliputi zebra, kuda, keledai, tapir, dan badak. Hal ini ditandai dengan jumlah jari kaki yang ganjil. Contoh spesies yang termasuk di dalamnya adalah kuda (Sama dengan caballus), tapir (Tapirus menunjukkan) dan keledai (Sama dengan asinus).

Kelas mamalia dikelompokkan menjadi beberapa ordo karena kesamaan jenisnya. Mempelajari mamalia ini seharusnya tidak terlalu sulit karena hampir semua spesies hewan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *