Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti tidak lepas dari kegiatan perekonomian. Hal ini disebabkan manusia membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ini tidak dapat dilakukan sendiri karena memerlukan pihak lain juga untuk melaksanakannya.

Memahami Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan salah satu tahapan yang berkaitan dengan konsumsi barang dan jasa serta tempat terjadinya pertukaran uang dengan suatu produk atau jasa.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memperoleh kekayaan, menghasilkan uang, serta menciptakan dan memproduksi barang yang dapat ditawar oleh pembeli.

Bahkan pengusaha kecil, pengecer besar, dan restoran juga akan melakukan kegiatan ekonomi setiap harinya. Hasil kegiatan ekonomi dapat diukur dalam istilah moneter.

Sedangkan kegiatan non-ekonomi adalah tindakan yang dilakukan tanpa memikirkan uang, misalnya menjadi sukarelawan di penampungan hewan atau bekerja menyiapkan makanan di dapur umum. Kegiatan non-ekonomi biasanya dilakukan secara sukarela.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa contoh kegiatan ekonomi.

  1. Produksi

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai guna suatu barang atau jasa. Produksi itu sendiri akan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ada tiga bentuk kegiatan produksi yaitu ekstraktif, pertanian dan industri.

  • Ekstraktif merupakan kegiatan produksi yang dilakukan dengan mengambil dan menggunakan barang dan jasa langsung dari alam.
  • Pertanian merupakan suatu kegiatan produksi dengan mengolah dan memanfaatkan hasil alam.
  • Industri merupakan suatu kegiatan produksi yang dilakukan dengan cara mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
  1. Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan suatu tindakan membelanjakan nilai guna suatu barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  1. Distribusi

Kegiatan ini merupakan proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen tanpa harus mengubah bentuk barang dan jasa tersebut. Kegiatan ini mencakup jembatan pertemuan antara penyedia dan kebutuhan pengguna.

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Di bawah ini beberapa pelaku kegiatan ekonomi, yaitu:

  1. Produsen

Pelaku ekonomi yang berfungsi sebagai produsen adalah sekelompok orang atau perseorangan yang melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan barang atau jasa. Tujuan dari keberadaan produsen diharapkan mampu menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Konsumen

Pelaku perekonomian yang disebut konsumen adalah sekelompok individu atau masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi dengan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen.

  1. Distributor

Pelaku ekonomi yang berperan sebagai distributor adalah beberapa komunitas dan individu yang menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Mereka adalah perantara yang menghubungkan penyedia dengan pengguna.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Di bawah ini terdapat beberapa jenis kegiatan ekonomi, yaitu:

  1. Kegiatan Ekonomi Agraria

Pertanian: Kegiatan ini memerlukan lahan sebagai bahan utamanya. Kegiatan ini paling banyak ditemui di Indonesia karena kekayaan alam Indonesia yang melimpah.

Pasalnya, Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara agraris yang mayoritas hasil pertaniannya berupa beras dan bahan makanan pokok lainnya.

Ada 4 cara untuk meningkatkan nilai sektor pertanian yaitu ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi dan rehabilitasi. Meskipun tanah di sebagian besar wilayah Indonesia sangat subur, namun sektor pertanian umumnya terdapat di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Peternakan: Selain pertanian, peternakan merupakan kegiatan ekonomi utama di Indonesia. Kegiatan ini umumnya berkaitan dengan peternakan dan pemeliharaan hewan agar dapat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Peternakan sendiri terbagi menjadi 3 yaitu peternakan hewan besar antara lain sapi, kerbau, dan kuda. Sedangkan peternakan kecil meliputi peternakan kelinci, kambing, domba, dan unggas seperti ayam, bebek, dan burung.

Perkebunan: Kegiatan ini merupakan upaya budidaya tanaman melalui penanaman lahan. Di Indonesia sendiri tanaman dibudidayakan di perkebunan sebagai bahan pangan.

Perkebunan ada dua jenis jika dilihat dari pengelolaannya, yaitu perkebunan rakyat yang pengelolaannya dilakukan langsung oleh masyarakat dan perkebunan besar yang pengelolaannya dilakukan oleh instansi dan perusahaan baik pemerintah maupun swasta.

Sedangkan jika dilihat dari tanaman yang dibudidayakan dibedakan menjadi dua yaitu tanaman semusim yang hanya menanam tanaman berdasarkan musim dan tanaman tahunan yang hasilnya dapat dinikmati sepanjang tahun.

Perikanan: Sesuai dengan namanya, kegiatan ini merupakan upaya budidaya ikan. Jika dilihat dari jenis ikannya, kegiatan perikanan dibedakan menjadi dua, yaitu perikanan air tawar seperti ikan nila, gurami, ikan mas, termasuk ikan hias, serta perikanan air laut antara lain ikan kerapu, lobster, udang dan hasil laut lainnya.

  1. Kegiatan Ekonomi Nongraris

Jual beli: Kegiatan ini biasanya mencakup transaksi antara penjual dan pembeli yang melibatkan produsen dan konsumen. Selain itu, kegiatan ini akan mencakup distribusi pada rantai bisnis sebagai penyedia dan penyalur kebutuhan konsumen.

Pusat perdagangan di Indonesia masih didominasi kota-kota besar karena aksesnya juga lebih lengkap. Semakin maju perdagangan suatu negara maka perekonomian negara tersebut akan semakin berkembang.

Untuk distribusi perdagangannya dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kuota barang dan jasa yang diperdagangkan, yaitu perdagangan besar yang dilakukan oleh produsen sebagai pedagang atau perusahaan kepada pedagang eceran, dan perdagangan eceran yang perdagangannya akan dilakukan oleh pedagang eceran ke pedagang eceran. individu.

Industri: Kegiatan ini merupakan suatu usaha yang akan mengubah dan mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi dan mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

Skala industri dapat diartikan sebagai kegiatan berskala besar yang melibatkan mesin dibandingkan tenaga manusia.

Pertambangan: Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Indonesia tidak hanya memiliki lahan yang subur, namun juga memiliki sumber daya alam yang sangat cocok untuk dijadikan bahan pertambangan.

Sedangkan pertambangan sendiri diartikan sebagai kegiatan penambangan atau pengambilan bahan mentah dari alam yang kemudian diolah sebelum diperdagangkan.

Melayani: Kegiatan ini merupakan usaha yang berkaitan dengan penyediaan jasa berupa kesehatan, transportasi, kecantikan dan pariwisata.

Semakin kompleks suatu negara, maka akan semakin beragam pula aktivitas perekonomian yang dilakukan di negara tersebut.

Apalagi Indonesia termasuk salah satu negara yang mulai diperhitungkan dalam sektor perekonomian karena pertumbuhannya yang sangat signifikan.

Ternyata memahami aktivitas ekonomi bukan sekedar mengetahui makna umum saja. Namun juga ada pelaku dan tipenya.

Dimana setiap pelaku ekonomi mempunyai peran dan tanggung jawabnya masing-masing.

Dari pembahasan di atas mengenai kegiatan ekonomi, ternyata tidak hanya sekedar proses transaksi jual beli saja. Namun, ada juga tujuan lain dan pengetahuan turunannya.

Bagi Anda yang tertarik mendalami cabang ilmu ini, Anda bisa mencari tahu tentang ilmu ekonomi. Semoga sedikit penjelasan ini dapat membantu dan bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *