Bilangan pecahan yang biasa digunakan dalam perhitungan ada yang berbentuk pecahan biasa dan pecahan campuran. Untuk memudahkan dalam menghitung kedua jenis pecahan ini, Anda harus memahami cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya.

Cara Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Tak Biasa

Pecahan campuran adalah bilangan pecahan yang terdiri dari komponen pecahan dan komponen bilangan bulat yang ditulis di depan komponen pecahan tersebut. Misalnya pecahan campuran

Misalnya pecahan campuran

Pecahan campuran dapat diubah menjadi pecahan biasa yang tidak mempunyai komponen bilangan bulat.

Bentuk pecahan biasa adalah

dan c adalah penyebutnya. Jika pecahan campuran diubah menjadi pecahan biasa, pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Berikut cara mengubah bilangan campuran menjadi pecahan biasa:

  1. Pertama, penyebut pecahan dikalikan dengan bilangan bulat di depan pecahan.
  2. Selanjutnya hasil perkaliannya dijumlahkan dengan pembilangnya. Hasil penjumlahan ini menjadi pembilang pecahan biasa yang baru.
  3. Nilai penyebutnya tetap.

Pecahan campuran dijadikan pecahan biasa

Contohnya adalah sebagai berikut:

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran

Pecahan biasa hanya terdiri atas pembilang dan penyebut saja tanpa ada bilangan bulat. Pecahan biasa dibedakan menjadi pecahan murni dan pecahan tidak murni. Pecahan murni adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya yang lebih besar.

Sedangkan pecahan tak murni adalah pecahan yang nilai pembilangnya lebih besar dari nilai penyebutnya. Pecahan tidak murni dapat diubah menjadi pecahan campuran.

Pecahan biasa yang tidak murni dapat diubah menjadi pecahan campuran dengan cara sebagai berikut:

  1. Pembilang pecahan dibagi penyebutnya. Hasil pembagian dituliskan sebagai bilangan bulat di depan pecahan
  2. Sisa pembagian ditulis sebagai pembilangnya
  3. Nilai penyebutnya tetap.

Contoh pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan campuran adalah sebagai berikut:

Contoh Soal Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa Beserta Pembahasannya

  • pertanyaan 1

Ubahlah pecahan campuran di bawah ini menjadi pecahan biasa.

Diskusi

Menjawab:

  • Pertanyaan 2

Ubahlah pecahan biasa di bawah ini menjadi pecahan campuran.

Diskusi

Menjawab:

  • Pertanyaan 3

Jumlahkan pecahan biasa di bawah ini dan ubahlah menjadi pecahan campuran.

Diskusi

Menjawab:

  • Pertanyaan 4

Hitunglah jumlah dua bilangan pecahan campuran di bawah ini:

Diskusi

Menjawab:

Untuk menjumlahkan pecahan campuran dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa kemudian menghitungnya seperti pada operasi menghitung pecahan biasa atau masih bisa menghitungnya dengan menggunakan pecahan campuran.

Jika menggunakan perhitungan dengan pecahan campuran, maka bilangan bulat tersebut dijumlahkan dan bilangan pecahan dihitung secara terpisah seperti di bawah ini:

Pada soal ini, kita akan menghitungnya dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu lalu menjumlahkannya:

Pecahan di atas merupakan pecahan biasa yang tidak murni. Jika diubah kembali menjadi pecahan campuran maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Pertanyaan 5

Ibu mempunyai kain sepanjang 6 ½ meter. Kain tersebut akan digunakan untuk membuat baju terusan panjang untuk adik, kakak, dan ibumu. Setiap orang menggunakan kain yang panjangnya sama. Hitung berapa ukuran kain yang digunakan setiap orang?

Diskusi

Menjawab:

Pertama, pecahan campuran diubah menjadi pecahan biasa:

Sebelum mengetahui cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa atau sebaliknya, hal pertama yang harus dikuasai siswa adalah bentuk-bentuk pecahan. Pecahan ada yang berupa pecahan biasa dan pecahan campuran. Pecahan tidak wajar yang tidak murni dapat diubah menjadi pecahan campuran.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *